05 September 2008

Sejarah Blog

Web blog pertama kali muncul sekitar tahun 1993. sebelum blog menjadi terkenal, komunitas digital telah mempunyai beberapa farum diskusi seperti Usenet, Milis dan BBs (Bulletin Board System), pada tahun 1990, sebuah software forum yaitu WebEx, dibuat dengan system percakapan berdasarkan urutan pesan.
Tahun 1994-2001, blog modern berkembang dari sebuah diari online dimana masyarakat ketika itu mau menmpilkan kehidupan pribadi mereka di internet. Kebanyakan dari mereka disebut sabagai diarist atau jurnalis. Justin Hall adalah orang yang pertama kali membuat blog pribadi pada tahun 1994 ketika dia masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College, dan dialah yang menjadi pelopor blog pertama kali.
Istilah web blog diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. bentuk pendeknya adalah “Blog” yang dipopulerkan oleh Peter Merholz. Dia memendekkan kata web blog menjadi we blog. Istilah tersebut dimasukkannya ke dalam blognya ( www.peterme.com) sekitar bulan april atau mei 1999. istilah ini kemudian secara cepat berkemabng menjadi to blog artinya edit atau kirim ke webblog.
Setelah melalui perkembangan yang cukup lambat, maka blog mendapatkan popularitasnya ketika sebuah websate yang bernama xanga mempunyai 50 juta diari pada desember 2005, yang sebelumnya pada tahun 1997 hanya mempunyai 100 diari.
Pengumuman blog menjadi lebih popular seiring dengan munculnya berbagai tool yang semakin memudahkan pembuatab blog, antara lain sebagai berikut :
- Open Diary, hadir pada bulan oktober 1998. open diary menjadi blog pertama yang mengajak pembacanya memberikan komentar dan tanggapan kepada penulis lain yang ada dalam blog tersebut.
- Live Journal, dimulai pada bulan maret 1999 oleh Brad Fitzpatrick
- Pitas.com, pada bulan juli 1999 oleh Andrew Smales, yang kemudian diikuti oleh Diaryland pada September 1999 yang lebih memfokuskan untuk komunitas diari-diari pribadi
- Bloger.com, pada bulan agustus 1999 oleh Evan Williams dan Meg Hourihan dari Pyra Labs ( yang sekarang telah dibeli oleh Google pada bulan Februari 2003)

1 komentar:

Kami persilahkan yang berkomentar,atau yg mau ngasih kritik dan saran buat blog ini